TUPOKSI

  1. Inspektorat

Inspektorat mempunyai tugas membantu Bupati membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.

Inspektorat dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
  2. Pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evakuasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya;
  3. Pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Bupati;
  4. Penyusunan laporan hasil pengawasan;
  5. Pelaksanaan administrasi inspektorat; dan
  6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Inspektorat dipimpin oleh Inspektur dengan tugas memimpin, mengoordinasikan, memberikan arahan dan petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas dibidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan.

 

  1. Sekretariat Inspektorat

Sekretariat Inspektorat dipimpin oleh Sekretaris Inspektorat yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Inspektur. Sekretariat Inspektorat mempunyai tugas menyelenggarakan urusan umum, kepegawaian, perlengkapan, pengelolaan keuangan, penyusunan program, evaluasi dan pelaporan yang terbagi dan terinci secara sistematis kedalam tugas masing-masing subbagian.

Dalam melaksanakan tugas Sekretariat Inspektorat menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan perencanaan Inspektorat;
  2. Penyelenggaraan urusan umum dan perlengkapan Inspektorat;
  3. Penyelenggaraan urusan kepegawaian Inspektorat;
  4. Penyelenggaraan urusan keuangan Inspektorat;
  5. Pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang perencanaan, umum dan perlengkapan, kepegawaian dan keuangan Inspektorat;
  6. Pelaksanaan pembinaan administrasi dan aparatur pada subbagian penyusunan program dan keuangan, subbagian evaluasi dan pelaporan dan subbagian umum dan kepegawaian; dan
  7. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Inspektur.

Sekretaris Inspektorat mempunyai tugas memimpin, mengoordinasikan, memberikan arahan dan petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas urusan umum, kepegawaian, perlengkapan, pengelolaan keuangan, penyusunan program, evaluasi dan pelaporan dinas.

Sekretaris membawahi Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan, Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan dan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dengan kedudukan, fungsi dan tugas sebagai berikut :

          a. Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan

Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sektretaris.

Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan rencana kerja Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan;
  • Pengoordinasian penyusunan program dan urusan keuangan Inspektorat;
  • Pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan penyusunan program dan keuangan inspektorat; dan
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Kepala Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan mempunyai tugas memimpin, mengoordinasikan, memberikan bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas-tugas penyusunan program dan pengelolaan keuangan dengan rincian sebagai berikut :

  • Menyusun rencana kerja Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan;
  • Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan penyusunan program dan pengelolaan keuangan;
  • Menyusun rencana strategis Inspektorat;
  • Menyusun rencana kerja Inspektorat;
  • Mengkompilasi hasil penyusunan program dan kegiatan Inspektorat;
  • Mengkompilasi hasil penyusunan rencana kerja dan anggaran (RKA) dari masing-masing Inspektur Pembantu;
  • Menyusun dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) Inspektorat;
  • Menyusun laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja Inspektorat;
  • Melaksanakan kegiatan perbendaharaan, verivikasi dan pembukuan keuangan Inspektorat;
  • Melaksanakan penyusunan laporan prognosis realisasi keuangan Inspektorat;
  • Melaksanakan penyusunan laporan keuangan semesteran Inspektorat;
  • Melaksanakan penyusunan laporan keuangan akhir tahun meliputi realisasi anggaran, neraca dan catatan atas laporan keuangan Inspektorat;
  • Menyusun bahan pengawasan, evaluasi dan pelaporan program dan leuangan Inspektorat; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

          b. Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan

Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sektretaris Inspektorat.

Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan rencana kerja Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan;
  • Pengoordinasian urusan evaluasi dan pelaporan Inspektorat;
  • Pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan evaluasi dan pelaporan inspektorat; dan
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas memimpin, mengoordinasikan, memberikan bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas-tugas penyusunan evaluasi dan pelaporan dengan rincian sebagai berikut :

  • Menyusun rencana kerja Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan;
  • Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan evaluasi dan pelaporan;
  • Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis penyiapan bahan percepatan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan;
  • Menyiapkan bahan penyusunan pedoman dan standar dibidang pengawasan;
  • Melaksanakan penyusunan produk hukum daerah dibidang pengawasan;
  • Menyiapkan bahan penyusunan program pengawasan;
  • Menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan hasil pengawasan;
  • Menyusun bahan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan evaluasi dan pelaporan hasil pengawasan; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

          c. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sektretaris Inspektorat.

Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan rencana kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  • Penyelenggaraan urusan umum, kepegawaian dan perlengkapan Inspektorat;
  • Pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian umum dan kepegawaian; dan
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Kepala Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan mempunyai tugas memimpin, mengoordinasikan, memberikan bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas-tugas penyusunan program dan pengelolaan keuangan dengan rincian sebagai berikut :

  • Menyusun rencana kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  • Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan tugas dibidang umum, kepegawaian dan perlengkapan;
  • Melaksanakan urusan pengelolaan surat menyurat, kearsipan dan perpustakaan dinas;
  • Melaksanakan urusan rumah tangga, kehumasan, protokoler dan perjalanan dinas;
  • Menyiapkan bahan dan mengusulkan kenaikan pangkat, ujian dinas, gaji berkala, cuti, pensiun dan pemberian penghargaan pegawai;
  • Menyiapkan bahan penyusunan Daftar Urut Kepangkatan (DUK), fasilitasi penyusunan dan penghimpunan dokumen Sasaran Kerja Pegawai (SKP), Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil, peningkatan kesejahteraan pegawai dan daftar hadir pegawai;
  • Melaksanakan penyiapan pegawai untuk mengikuti pendidikan/pelatihan kepemimpinan, fungsional teknis dan fungsional umum;
  • Menyiapkan bahan pembinaan kepegawaian dan disiplin pegawai;
  • Menyusun rencana kebutuhan peralatan dan perlengkapan dinas;
  • Melaksanakan pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pemeliharaan dan inventarisasi peralatan dan perlengkapan dinas;
  • Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

  1. Inspektur Wilayah

Inspektur Wilayah dipimpim oleh Inspektur Pembantu Wilayah yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Inspektur.

Inspektur Pembantu Wilayah mempunyai tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan dibidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan pada instansi/satuam kerja wilayah.

Dalam melaksanakan tugas Inspektur Pembantu Wilayah menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan dan pengusulan program pengawasan sesuai wilayah;
  2. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan pengawasan;
  3. Pelaksanaan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah pada masing-masing wilayah;
  4. Pelaksanaan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelaksanaan urusan pemerintahan desa pada masing-masing wilayah;
  5. Pelaksanaan pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan; dan
  6. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Inspektur Pembantu Wilayah mempunyai tugas memimpin, mengoordinasikan, memberikan arahan dan petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas dibidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan pada masing-masing wilayah dengan rincian tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pengawasan pengelolaan tugas dan fungsi, keuangan, barang dan kepegawaian dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah;
  2. Melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa;
  3. Melaksanakan reviu rencana kerja anggaran;
  4. Melaksanakan reviu laporan keuangan;
  5. Melaksanakan reviu laporan kinerja instansi pemerintahan;
  6. Melaksanakan koordinasi dan menangani pengaduan masyarakat dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu;
  7. Melaksanakan pemeriksaan terpadu;
  8. Melaksanakan pengawasan pelaksanaan reformasi birokrasi;
  9. Melaksanakan pengawasan dalam rangka percepatan menuju good governance, clean goverment dan pelayanan publik;
  10. Melaksanakan koordinasi program pengawasan dengan aparat penegak hukum dan/atau pihak terkait;
  11. Melaksanakan pendampingan, asistensi dan fasilitasi penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah;
  12. Melaksanakan pemeriksaan hibah/bantuan sosial;
  13. Melaksanakan pengawasan tugas pembantuan dan ADD; dan
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

  1. Pembagian Wilayah Satuan Kerja Pengawasan

          a. Wilayah I

Inspektur Pembantu Wilayah I, melaksanakan pembinaan dan pengawasan pada instansi/satuan kerja sebagai berikut :

  • Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang;
  • Dians Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  • Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi;
  • Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa;
  • Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah;
  • Dinas Perhubungan;
  • Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
  • Kecamatan Simpang Hulu;
  • Kecamatan Sungai Laur;
  • Kecamatan Singkup;
  • Kecamatan Kendawangan;
  • Kecamatan Muara Pawan;
  • Kelurahan Tengan; dan
  • Kelurahan Sampit.

         b. Wilayah II

Inspektur Pembantu Wilayah II, melaksanakan pembinaan dan pengawasan pada instansi/satuan kerja sebagai berikut :

  • Dinas Pendidikan;
  • Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan;
  • Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian;
  • Dinas Pariwisata dan Kebudayaan;
  • Satuan Polisi Pamong Praja;
  • Badan Pengelola Keuangan dan Aset Saerah;
  • Kecamatan Simpang Dua;
  • Kecamatan Nanga Tayap;
  • Kecamatan Pemahan;
  • Kecamatan Matan Hilir Utara;
  • Kecamatan Matan Hilir Selatan;
  • Kelurahan Mulia Kerta;
  • Kelurahan Tuan-Tuan; dan
  • Kelurahan Sukaharja.

          c. Wilayah III

Inspektur Pembantu Wilayah III, melaksanakan pembinaan dan pengawasan pada instansi/satuan kerja sebagai berikut :

  • Dinas Kesehatan;
  • Sekretariat DPRD;
  • Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan;
  • Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  • Dinas Pendapatan Daerah;
  • Badan Penelitian dan Pengembangan;
  • Kecamatan Manis Mata;
  • Kecamatan Sandai;
  • Kecamatan Air Upas;
  • Kecamatan Tumbang Titi;
  • Kecamatan Benua Kayong;
  • Kelurahan Kantor; dan
  • Kelurahan Mulia Baru.

          d. Wilayah IV

Inspektur Pembantu Wilayah IV, melaksanakan pembinaan dan pengawasan pada instansi/satuan kerja sebagai berikut :

  • Sekretariat Daerah;
  • Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana;
  • Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • Dinas Pemuda dan Olah Raga;
  • Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan LH;
  • Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia;
  • Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
  • Kecamatan Hulu Sungai;
  • Kecamatan Jelai Hulu;
  • Kecamatan Marau;
  • Kecamatan Sungai Melayu Rayak;
  • Kecamatan Delta Pawan;
  • Kelurahan Kauman; dan
  • Kelurahan Banjar.